Rabu, 27 Juli 2011

Menuju MAHAsiswa

Sejujurnya gue nulis ini karena nazar yg belum gue jalanin. Gue punya nazar klo lolos tes uber UI-PNJ, gue bakalan nulis perjuangan gue dari UJIAN SEKOLAH, SIMAK UI, UMB, SNMPTN sampe UBER UI-PNJ dan alhamdulillah gue LOLOS tes UBER UI-PNJ.. Langsung aja gue mulai ceritanya... FYI pastinya bakalan lama beresin ceritanya..

PMDK
         
          Cara pertama untuk mendapatkan universitas melalui seleksi hasil jumlah rapot secara keseluruhan mulai dari semester 1-6. Banyak universitas yang buka lowongan, tapi ga ada yg nyantol. Alhasil, gue apply hasil rapot gue ke PNJ (dulu Politeknik UI) dan alhamdulillah diterima dgn jurusan Perbankan. Seneng sih, walaupun PNJ ga sepopuler UI tapi PNJ yg gue tau ia bagus dan menghasilkan mahasiswa yg siap kerja. Oh iya, UI jg ngadain tapi hanya beberapa murid yang bisa apply atas anjuran guru BK, sayangnya gue ga termasuk dan temen-temen gue yg pada apply ke UI diterima semua. Makin aja gue ngileeeeeer.. Gue bersyukur keterima di PNJ, lumayan buat jaga-jaga di kemudian hari...

UJIAN SEKOLAH
Banyak suka-duka menjelang UAN. Seperti biasa, sebelum ujian kita semua sibuk sama bimbel, fotocopyan soal-soal yang setiap harinya makin menumpuk. Guru-guru yang ngga pernah bosen ngasih wejangan-wejangan kepada kita, pokoknya kita itu diperhatiin banget. Oh iya beberapa hari sebelum ujian, sekolah ngadain motivation training gitu dengan tujuan anak-anak ngga stres ngadepin UAN kayak ESQ ngga beda jauhlah yang pasti dipenghujung ada acara tangis-tangisan dengan backsound JANGAN MENYERAH-D'MASIV. Selama seminggu kita menjalani ujian dan sekian lama pula sebulanan lah menunggu hasil ujian. Pada akhirnya hasil daripada ujian nasional telah diumumkan dan kita semua LULUS...
 SIMAK UI

          Selama menuggu pengumuman ujian nasional, gue disibukkan bimbel menghadapi tes simak UI di    sekolah. SIMAK UI adalah seleksi masuk Universitas Indonesia (kampus idaman gue). Hingga pada hari H tes simak, gue sangat kebingungan menjawab soalnya dan hampir semua soal gue ga bisa jawab walaupun dijawab itu jg asal. Pada akhirnya hasil daripada simak UI telah diumumkan dikoran ataupun diinternet sesuai dugaan, gue GA DITERIMA. Gue menyadari bgt, karena saat itu pilihan gue merupakan jurusan yang sangat populer dan terbukti jurusan itu mencetak orang-orang sukses. Fine! My struggle is not over until here....

UMB

       UMB adalah ujian masuk bersama universitas-universitas negeri tersohor. Pilihan gue masih sama dengan simak UI namun ada beberapa perubahan dan kemungkinan untuk masuk semakin kecil. Soal-soal UMB terbilang lebih susah dan sangat memainkan logika, jelas bagi gue yang lemot ini soalnya very difficult. FYI.. Gue tes UMB di SMAN 8 daerah tebet, do you know? pastilah sekolah tersohor berisi anak-anak pintar yang pandai bergaul. Pada akhirnya hasil daripada UMB telah diumumkan daaaaan GA DITERIMA (again). Yasudahlah gue masih mengantongi beberapa tes dan I'll try harder dikesempatan yang lain....
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar