Kamis, 09 Januari 2014

Bertemu Dengan Seorang Kakek Pelancong dari Negeri Cina

Hey hey selamat datang 2014..

Blog pertama ditahun yg baru ini mau nulis pengalaman gue yang menggelikan ah. Semoga bener-bener menggelikan bagi pembaca hehehe..

Di kereta arah Bogor sekitar jam 11 siang, gue naik dari stasiun Juanda dan gue duduk di gerbong 2 saat itu kereta memang lagi kosong sekosong kosongnya hatiku (eeeaaaa curcol). Tapi pas nyampe di stasiun Cawang kursi mulai dipenuhi para penumpang. Begitupun di barisan kursi gue, yg tadinya gue bebas mengubah posisi duduk (mau nyamping, mau tiduran, mau selonjoran, semua bisa terwujud) hingga kaku ga bisa gerak karena udah penuh.

Sementara itu, orang yg duduk di samping gue adalah kakek-kakek (mirip bgt sama mbah kakung gue mukanya). Saat gue bergeser utk memberikan beliau duduk tiba-tiba beliau bilang "excuse me.. ghahfhgjruhi" (sambil nunjukkin kertas yg bertuliskan staisun Pondok Cina). Gue cuma paham "excuse me"-nya doang dan gue sempet bengong dulu terus gue jawab "yes yes" (sambil nganggukin kepala).

Selama perjalanan gue ngomong sama hati gue "Oh mau ke Pocin toh. Ngomongnya gimana ya? setelah stasiun UI deh gue ngomong "Sir, after this station" yang standar aja wong skill bahasa Inggris gue juga sungguh amat luar biasa. Semoga kakek-kakek ini nggak ngajak gue ngobrol ya."

Daripada gue kepikiran mau ngomong apa nanti sama si kakek mending gue main handphone aja dan paket internetnya abis yowes main games yg nggak ada seru-serunya. Gue sok-sok sibuk ngetik sms biar si kakek nggak tega buat nanya-nanya. Tapi.. akting gue nggak mempan! Si kakek melakukan hal yang gue hindari yaitu mengajak ngobrol. 

Beliau ngasih liat kertas ke gue, tertulis "Kakek ini nggak bisa bahasa Indonesia, dia cuma bisa bahasa Cina dan dia sedang menuggu" dan juga ada dua nomer telepon dgn nama yang berbeda.

Menurut kesotoyan gue ini, beliau itu menanyakan "kenapa nomer yg tertulis di kertas itu jumlah digitnya berbeda" dan gue yakin kalo beliau bingung sama jawaban gue. Yakin banget gue. Beliau tuh sampe ketawa-ketawa gitu, ketawain jawaban gue yg nggak nyambung kali ya. Ngeliat beliau ketawa gue merasa semakin tertekan.

Karena udah keabisan kata-kata utk meyakini beliau dgn bahasa Inggris gue seadanya, gue sempet celingukan nyari orang yg sekiranya bisa bantu gue, tapi nggak ada yang ngeliat ke arah mata gue. Hiks. Perdebatan gue dan si kakek nggak ada titik temunya, si kakek pun menyerah dan merenung. Entah ada angin apa, gue memberanikan diri nanya "where do you come from?" (standar kan nanyanya? emang iya!) terus si kakek jawab "China" kemudian si kakek balik nanya "are you Indonesian?" gue jawab "yes".

Dalam hati berkata "Muka gue kayak orang Cina ye kek"

Btw, keren kan gue berani nanya walaupun pertanyaannya standar hahahaha. Menurut gue mah si kakek sama kayak gue deh nggak terlalu bisa bahasa Inggris, terbukti pas gue nanya "where do you come from" beliau sempet mikir dulu. Oleh sebab itu, perdebatan kami diawal perjumpaan nggak ada titik temunya, ibarat gue ke Cina beliau ke Pondok Cina (lah emang mau kesana sih).

Pas nyampe stasiun UI akhirnya gue kesampean ngomong "Sir, after this station", beliau jawab "oke thank you" dan saat beliau mau turun, beliau bilang "BYE". Kenceng bener ngomongnya sampe orang-orang pada ngeliatin. Mungkin dalam hati mereka gini "nih anak keren bisa ngobrol gitu sama orang bule". Heeeey lo lo pada nggak tau aje gue udah gemeteran selama perjalanan.


Selesaaaaaiii..

Bikin geli nggak ceritanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar